Puasa

Bacaan Niat Puasa Dan Doa Buka Puasa

Mungkin ini adalah Ramadhan Terakhir buat kita, Mungkin juga ini Ramadhan terakhir buat mereka, hanya Allah saja lah yang tahu akan hal itu..

Tips Mesin

Cara Melakukan Shalat Ied Idul Fitri Dan Idul Adha

Shalat Ied adalah shalat sunnah muakad, yang artinya shalat ini walaupun sunnah tapi sangat tidak di anjurkan untuk meninggalkanya...

Tuntunan Sholat

Cara Pelaksanaan Shalat Jum’at Yang Benar

Sholat Jum'at adalah ibadah salat yang dikerjakan di hari Jum'at dua rakaat secara berjamaah dan dilaksanakan setelah khutbah..

Tips Kaki-kaki

Download Free MP3 Al Qur'an Part I

Isi Ponsel Sobat Dengan Ayat - ayat suci Al Qur'an supaya ponselnya penuh barokah...

Seginimzoixz

Thursday, April 3, 2014

Cara Melakukan Shalat Ied Idul Fitri Dan Idul Adha

#
Cara Melakukan Shalat Idul Fitri Dan Idul Adha - Selamat siang, Puji syukur kita haturkan kehadirat Allah SWT yang mana berkat Rahmat dan karunia nya lah kita masih bisa menikmati indahnya dunia dengan segala isinya. 

Melakukan Shalat adalah kewajiban kita sebagai umat muslim yang masih hidup dan sehat jiwa raga maupu akal pikiran. Shalat Ied adalah shalat sunnah muakad, yang artinya shalat ini walaupun sunnah tapi sangat tidak di anjurkan untuk meninggalkanya.

Berikut adalah Tata Cara melakukan Shalat Ied Idul Fitri dan Idul Adha, yang bersumber dari beberapa ulama dan syariat islam, silahkan simak penjelasan berikut :

Shalat Ied Idul Fitri dan Idul Adha memiliki jumlah Raka'at yang sama yaitu 2 raka'at. adapun cara pelaksanaan sebagai berikut :

1. Memulai dengan takbiratul ihrom, sebagaimana shalat pada umumnya.
2. Kemudian bertakbir sebanyak tujuh kali takbir, selain takbiratul ihrom, sebelum memulai mambaca Al Fatihah, dalam melakuka takbir angkat kedua tangan sebagaimana yang di contohkan oleh Ibnu umar. Ibnul Qayyim mengatakan, “Ibnu ‘Umar yang dikenal sangat meneladani Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa mengangkat tangannya dalam setiap takbir.”

3. Diantara takbir kita membaca :

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي

“Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar. Allahummaghfirlii war hamnii"
Artinya : Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Allah, ampunilah aku dan rahmatilah aku.

4. Kemudian dilanjutkan dengan membaca Surah Al Fatihah dan diteruskan Surah lainya, surah yang di baca Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam  adalah Surat Qaaf pada rakaat pertama dan surat Al Qomar pada Raka'at kedua.

كَانَ يَقْرَأُ فِيهِمَا بِ (ق وَالْقُرْآنِ الْمَجِيدِ) وَ (اقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَانْشَقَّ الْقَمَرُ

Artinya : “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca “Qaaf, wal qur’anil majiid” (surat Qaaf) dan “Iqtarobatis saa’atu wan syaqqol qomar” (surat Al Qomar).

5. Lalu setelah selesai membaca surat, kiat melakukan gerakan shalat seperti biasa ( Ruku, I'tidal,sujud, duduk diantara dua sujud, dll)

6. Kembali bertakbir ketika bangkit untuik melakukan raka'at kedua
7. lalu bertakbir kembali seperti raka'at pertama, tapi bedanya kalau yang raka'at ke dua bertakbir hanya sebanyak lima kali saja.
8. Lalu kemudian membaca Al Fatiha dan surah berikutnya
9. Melakukan gerakan shalat seperti biasanya hingga salam.

Demikian Tuntunan Cara Melakukan Shalat Idul Fitri Dan Idul Adha, Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya seperti | Niat Dan Buka Puasa Ramadhan | yang sebntar lagi kita lakukan bersama lalau | Niat Sholat 5 Waktu Yang Benar | | Hukum Meninggalkan Sholat Fardhu Dan Sunnah |

0 komentar to “Cara Melakukan Shalat Ied Idul Fitri Dan Idul Adha”

Post a Comment

 
© Copyright 2012 Tuntunaan Sholat, Puasa, Pernikahan, dan Kabar Islam Template Modify by ABDILLAH AL-AZMI | Powered by Blogger.com.